Senin, 24 November 2008

nge-Blog dengan menggunakan OpenOffice

Punya blog gampang-gampang susah. Gampang membuatnya, tapi susah untuk mengupdatenya (kalau g telaten hehehe..). Kalau tulisan yang ada di blog tersebut tidak di update tentu saja blog tidak menarik untuk dibaca. Ada banyak alasan kenapa begitu banyak blog yang ada tidak di update oleh pemiliknya. Salah satu alasannya adalah untuk mempost sebuah tulisan di blog tidak begitu mudah.

Bagi yang menggunakan OpenOffice dan punya account di salah satu penyedia layanan blog yang terkenal, mungkin bisa menggunakan extension OpenOffice untuk mempermudah kita dalam mempublish tulisan ke blog yang kita miliki. (Mungkin aplikasi M$ Office juga bisa tapi kan g free, cari yang mumer aja hehehe..)

Agar OpenOffice bisa mempublish tulisan secara langsung ke blog, gunakan extension “ Sun Weblog Publisher”. Setelah extension tersebut terinstall di OpenOffice, konfigurasi terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mempublikasikan blog. Untuk mengkonfigurasi extension gunakan Extension Manager yang ada di menu Tools. Setelah extension ini dikonfigurasi, kita bisa membuat tulisan untuk blog kita. Setelah selesai tinggal publish tulisan tersebut melalui menu “File > Send > To Weblog...”.

Extension ini bahkan juga bisa untuk mengedit tulisan yang telah diupload ke server. Caranya tinggal mengklik Tombol “Open Weblog Entry...” pada toolbar atau dengan melalui menu “File > Open Weblog Entry...”. Tunggu beberapa saat kemudian daftar tulisan yang ada di blog akan dimunculkan. Tinggal pilih tulisan yang akan diedit kemudian klik OK. Sekarang kita tinggal mengedit tulisan tersebut. Setelah selesai upload lagi tulisannya dengan menggunakan fasilitas “Send to Weblog...”, maka tulisan di blog akan di update.

Penggunaan extension ini memang cukup simple, blogger tidak perlu membuka web, login kemudian mengetik di webnya secara Online, tapi cukup secara offline dengan menggunakan OpenOffice. Extension ini bisa mengirimkan tulisan dalam format bold, italic,underline, bullet dan numbering (format akan tetap terjaga begitu sampai di blog). Tapi sayangnya gambar yang diembed di document OpenOffice tidak akan ikut di upload ke blog.

Semoga saja ini bisa menjadi penambah semangat dalam ngeblog....


Note :

  • baru dicoba pake Blogspot.com, yang lain belum

  • Tulisan ini dibuat/diupload menggunakan OpenOffice 3.0




1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hmm menarik...sepertinya bisa dicoba