Kamis, 31 Juli 2008

Personalisasi dan Tweak Pidgin

Pidgin merupakan salah satu software messenger alternatif yang tersedia
secara gratis. Sebagai salah satu software Messenger alternatif, pidgin
mendukung beberapa protocol, salah satunya adalah Yahoo! yang sudah
terkenal dengan Yahoo Messengernya.
Sudah menggunakan Pidgin dan mulai ingin merasakan sesuatu yang baru
dari Pidgin ini? Keunggulan Pidgin lainnya adalah bisa dikustomisasi dan
di tweak. Berikut cara menkustomisasi Pidgin.

Tampilan
Tampilan standar Pidgin mungkin sudah cukup menarik dan atraktif, tapi lama-lama kita juga bisa bosan dan menginginkan sesuatu yang fresh. Kalau sudah begitu, saatnya kita mempermak Pidgin kita. Untuk mengubah icon di Pidgin, kita tinggal mengganti icon-icon yang ada di folder "\Program Files\Pidgin\pixmaps\pidgin" (sesuaikan foldernya dengan komputer Anda). Format file yang digunakan adalah .png, bisa diedit dengan menggunakan Macromedia Fireworks. Sesuaikan ukuran pixel filenya atau nanti tampilannya akan sedikit "teleng...".
Untuk mengubah window controlnya (button, text box dan lainnya), bisa menggunakan theme GTK+. Karena interface Pidgin dikembangkan menggunakan GKT+ maka themes yang digunakan di GTK bisa juga digunakan untuk Linux. Defaultnya, saat instalasi Pidgin, GTK+ juga akan terinstal, menariknya lagi beberapa themes juga telah disertakan. Untuk mengubah 'window taste'-nya tinggal Jalankan program GTK Theme Selector yang ada di Start > Programs > GTK+ > Theme Selector. Tinggal pilih Theme yang ada. Masih belum puas dengan themes yang ada?? Bisa cari yang sesuai dengan selera. Berikut caranya :
  • Silahkan browsing di http://art.gnome.org pada bagian applicationnya atau di http://gnome-look.org dibagian GTK2.0. Disana disediakan banyak themes yang menarik hati.
  • Download filenya biasanya dalam bentuk zip
  • Ekstrak file yang sudah di downloadn tadi dan kemudian kopikan ke folder Program Files\Common Files\GTK\2.0\share\themes (fiuh....panjang juga..).
  • Selanjutnya themes tersebut akan muncul di GTK Theme Selector untuk dipilih.
Selanjutnya adalah smiley. Smiley standar yang disediakan oleh pidgin rada-rada aneh bagi yang telah terbiasa menggunakan Yahoo Messenger. Tapi jangan khawatir smilley tersebut bisa diubah sesuai selera. Kalau mau gampang cari di http://gnome-look.org dengan kata kunci Yahoo. Disana akan muncul smilley Yahoo untuk Pidgin,
  • Download file smilley dari http://gnome-look.org.
  • Jalankan Pidgin, kemudian klik menu Tools >;Preferences.
  • Pada kotak dialog yang muncul pilih tab smiley themes.
  • Klik tombol Add, dan browse file yang di download tadi.
  • Kemudian pilih smilley Yahoo yang muncul di daftar smilley yang ada.
Kira-kira begitulah caranya kalau mau mendapatkan tampilan yang fresh dari Pidgin. Repot juga memang...he..he..

Plugin

Selanjutnya kita teruskan dengan mentweak Pidgin. Pidgin datang dengan sejumlah plugin standar, tapi mungkin kita tidak membutuhkan semua Plugin yang ada, sehingga kita bisa membuang plugin tersebut untuk meringankan kerja program. Semua plugin itu terletak di file "Program Files\Pidgin\plugins".

  1. Buang protokol yang tidak diperlukan. Seperti yang kita ketahui Pidgin mendukung multi protocol, tapi kalau seandainya kita menggunakan Pidgin untuk Yahoo Messenger dan Google Talk, berarti protokol yang lain tidak dibutuhkan. Mudah saja, hapus file *.dll yang berawalan dengan lib*.dll, tapi jangan dihapus file libyahoo.dll dan libxmpp.dll. (Google Talk menggunakan protokol XMPP)
  2. Buang plugin protokol yang tidak diperlukan Jika kita lihat melalui menu Tools>Plugins, maka akan terlihat banyak plugin yang menyertain Pidgin, tapi kebanyakan hanyalah "eyecandy "doang (ya bagus sih, tapi kebanyakan eyecandy malah norak he..he...). Lihat-lihat dulu mana plugin yang mungkin menarik bagi Anda, setelah itu buang yang lainnya. Berikut sedikit referensi plugin yang menarik (bagi saya pridadi)
    • Conversation Color - untuk memberi warna yang berbeda terhadap pesan yang berbeda pula. Misal pesan yang diterima warna biru, pesan yang dikirim yang hitam, pesan error warna merah dan pesan system berwaran hijau) semuanya bisa diatur disini.
    • History - Menampilkan potongan percakapan terakhir yang pernah dilakukan dengan teman kita
    • Psychic Mode - Plugin ini akan membuka jendela chat dengan teman kita saat teman kita memulai chat dengan kita. Jendela terbuka saat teman kita mulai mengetik, tapi belum mengirimkan pesan pertamanya. (Saya sering usil sama teman2 saya kalau menggunakan plugin ini huehehehe)
    • Window Pidgin Option - Kayaknya ini wajib deh, ini mengatur perilaku window Pidgin kita.
    Jika sudah menentukan plugin yang akan dipakai yang yang tidak akan digunakan, selanjutnya kita babat file-file plugin yang tidakdiperlukan. Untuk melihat file yang tidak diperlukan tersebut,bisa dilihat dari jendela plugin. Lihat gambar dibawah, Nah untuk plugin yang tidak digunakan, tinggal hapus filenya.

Selesailah sudah kustomisasi Pidgin kita, selanjutnya restart Pidgin Anda dan rasakan cita rasa baru Pidgin.


Selamat ber-Pidgin ria.

Tidak ada komentar: