Jumat, 25 Juli 2008

Pidgin - Alternatif Yahoo Messenger

Sering chat dengan treman-treman? Mungkin aplikasi Yahoo Messenger! bukanlah aplikasi yang asing bagi yang menggunakan layanan dari Yahoo ini. Aplikasi ini memang bagus untuk melakukan chat. Tapi sebenarnya ada aplikasi alternatif lain yang bisa dipertimbangkan untuk chat dengan menggunakan layanan Yahoo! Salah satunya adalah Pidgin (dulunya bernama Gaim).
Mungkin jadi pertanyaan, kenapa pakai aplikasi alternatif tadi kalau seandainya aplikasi Yahoo Messenger! tadi sudah mencukupi.? Ada beberapa alasan untuk hal ini terutama bagi yang hemat bandwidth (yang kantongnya cekak..he..he..)
  1. Nggak ada iklan di Pidgin
    Yahoo Messenger versi terbaru 8 dan 9 beta selalu menampilkan iklan di aplikasinya. Kalau di versi sebelumnya iklannya bisa dihilangkan sedangkan di versi yang terbaru ini tidak bisa lagi. Iklannya di download dari server, jadi lumayan makan bandwidth (apalagi kalau kita OL pake GPRS yang biasanya dihitung per paket data, mana mahal lagi....).
  2. Bebas virus (untuk saat ini)
    Beberapa waktu yang lalu, beredar virus (atau worm atau apalah namanya) yang berasal dari vietnam. Perilaku virusnya adalah mengundang semua orang yang ada dalam daftar kontak untuk ikut dalam conference (Pernah sekali diundang oleh pengguna YM yang kena virus, setelah join pada bengong semua karena yang ngundang juga bengong). Kadang mengirimkan pesan dalam bahasa vietnam yang mengundang kita untuk membuka situs tertentu
  3. Tampilan IM Chatnya multitab
    Yap, tampilan IMnya multitab, jadi tidak terlalu banyak window yang terbuka saat chat.
  4. Bisa dipersonalisasi.
    Pidgin bisa dipersonalisasi melalui plugin yang tersedia. Tampilannya juga bisa di kustomisasi dengan menggunakan GTK+ themes karena Pidgin menggunakan GTK+ engine.
  5. Multiprotocol
    Kalau seandainya kita memiliki account tidak hanya di Yahoo saja (semisal Google Talk) kita bisa menggunakan Pidgin saja untuk login ke semua account yang kita miliki. (tapi sayang Skype tidak ada hiks...)
  6. Multiplatform
    Pidgin tersedia paltform Windows dan Linux. Kalau untuk Mac Pidgin sendiri menyarankan menggunakan Adium.

Yap itulah beberapa alasan untuk menggunakan pidgin, tapi bukan berarti Pidgin tidak mempunyai kekurangan dibandingkan Yahoo Messenger. berikut beberapa kekurangan Pidgin yang saya rasakan

  1. Tidak bisa menggunakan Web Camera
    Kalau punya bandwidth cekak, kayaknya gak penting deh...:P
  2. Nggak bisa nge-buzz
    Sampai saat ini Pidgin tidak bisa membuzz
  3. Jangan harap akan menggunakan plugin Yahoo Messenger ke Pidgin (IMVironment atau Smilley)

Ya ini cuma alternatif...he..he.., tak ada salahnya dicoba dan selanjutnya terserah anda..Kalau berminat silahkan download di Pidgin di http://www.pidgin.im

Tidak ada komentar: